SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Sistem Informasi Psikologi

Sebelum kita membahas tentang sistem informasi psikologi, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui definisi dari masing-masing kata tersebut. Apa itu sistem? Apa informasi? Dan apa psikologi?

“Sistem” , bukanlah kata yang asing didengar oleh telinga kita.  Dalam percakapan sehari-hari, diskusi atau pun dokumen ilmiah sering kita temukan kata seistem ini . Secara sederhana suatu sistem dapat diartikan suatu kumpulan dari unsur, komponen, yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling bergantung satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga diartikan sebagai suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.

Sedangkan menurut para ahli, pengertian sistem diartikan sebagai berikut :

  • LUDWIG VON BARTALANFY, sistem merupakan sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
  • L. ACKOF, sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
  • McLeod Jr, sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut istilah, sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yaitu suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

Pendefinisian sistem dapat dilakukan dalam dua pendekatan, yaitu :

  • Pendekatan secara fisik, sistem adalah sekumpulan unsur atau elemen yang berinteraksi dan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Contoh : sistem tatasurya, sistem pencernaan, sistem komputerisasi, sistem informasi

  • Pendekatan secara fungsi, sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang berupa urutan kegiatan yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh : sistem peminjaman buku, sistempenjualan, sistem belajar

Karakteristik sistem, yaitu :

  • Komponen sistem (component)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang saling bekerja sama membentuk suatu komponen sistem atau bagian-bagian dari sistem.

  • Batasan Sistem (boundaries)

Merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan kerjanya.

  • Subsistem

Bagian-bagian dari sistem yang beraktivitas dan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan dengan sasarannya masing-masing.

  • Lingkungan Luar Sistem (environment)

Suatu sistem yang ada di luar dari batas sistem yang dipengaruhi oleh operasi sistem.

  • Penghubung Sistem (interface)

Media penghubung antar suatu subsistem dengan subsistem lain.

  • Masukan Sistem (input)

Energi yang masuk ke dalam sistem berupa perawatan dan sinyal

  • Keluaran Sistem (output)

Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan

  • Pengolahan Sistem (process)

Suatu sistem dapat memilikisuatu bagian pengolah yang akan mengubah masukan menjadi keluaran.

  • Sasaran Sistem (object)

Tujuan yang ingin dicapai oleh sistem, akan dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuan.

Melihat definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Mengenai informasi, informasi sangat penting bagi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Informasi dapat kita temukan dalam berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Kata informasi dapat diartikan berita yang mengandung maksud tertentu. Pengalaman atau pengetahuan yang dikomunikasikan kepada orang lain juga merupakan pesan atau informasi.

Secara harfiah kata informasi berarti pesan, sedangkan secara maknawiah informasi diartikan sebagai uraian berisi keterangan tentang sesuatu (objek/peristiwa/masalah) yang disampaikan kepada seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan agar mereka mengetahui atau memahaminya.

Informasi juga diartikan sebagai data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

Berikut adalah definisi informasi menurut beberapa tokoh, yaitu :

  •  George R. Terry, Ph. D, informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
  • Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk pentig bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
  • Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin, informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.
  • Robert N. Anthony dan John Dearden, informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
  • Joner Hasugian, informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.
  • MC Leod, informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti

Kualitas Informasi , yaitu :

  • Informasi harus akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.
  • Harus tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
  • Informasi harus relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakaiannya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Dari definisi-definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

Jadi, Sistem informasi adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu dari data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

 

Psikologi atau ilmu jiwa merupakan suatu pengertian yang mencakup kehidupan manusia secara luas sekali. Hampir tidak ada tingkah laku manusia yang tidak berhubungan dengan soal kejiwaan manusia. Karena itulah salah satu definisi psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkahlaku manusia, khususnya dari segi kejiwannya.

Menurut arti kata, Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Mengacu pada pengertian dari George A.Miller, psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan pola pikir, yang berusaha mengendalikan peristiwa mental dan tingkahlaku manusia. Yang dimaksud tentang tingkahlaku di sini adalah segala kegiatan, atau tindakan atauperbuatan manusia yang kelihatanmaupun yang jtidak kelihatan, yang disadari maupun yang tidak disadari. Termasuk di dalamnya cara berbicara, berjalan, berpikir, mengambil keputusan, cara melakukan sesuatu, cara bereaksi terhadap sesuatu yang datang dari luar diri atau dalam diri.

Pengertian psikologi menurut para ahli, antara lain :

  • Crow & Crow, “ psychologi is the study of human behavior and human relationship” (psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain [human relationship] maupun bukan manusia, hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya).
  • Sartain, “psychology is the scientific study of the behavior of living organism, with especial attention given to human behavior” (psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkahlaku organisme yang hidup, terutama tingkahlaku manusia).
  • Chaplin dalam Dictionary of Psychology, “ psychology is science of human and animal behavior, the study of organism in all its variety and complexity as it respond to the flux and flow of the physical and social events which make up the environment” (psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan).

Dari definisi-definisi psikologi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkahlaku manusia dan proses mental.

Dengan demikian, dari pengertian dan penjelasan-penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi dengan sistem informasi dimana di dalamnya terdapat kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu dari data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Salah satu contoh dari sistem informasi psikologi berbasis komputer adalah software-software untuk bidang psikologi seperti situs theinkblot.com yang menyediakan penyajian tes roschach secara online.

Sumber :

http://blog.uin-malang.ac.id/atuks/2011/01/07/pengertian-psikologi/

http://alawiyah-introducemyself.blogspot.com/2010/10/pengertian-psikologi-menurut-para-ahli.html

http://robymaulana.blogspot.com/2009/01/informasi-dan-komunikasi-pengertian.html

http://www.slideshare.net/Shobrie/apa-itu-psikologi-shobrie-12063898

http://ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/05/pengertian-psikologi.html

http://www.sisilain.net/2011/08/pengertian-informasi-menurut-para-ahli.html

http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html

http://willis.comze.com/pengertian_informasi.html

http://eprints.undip.ac.id/…/BUKU_AJAR_SIM_Publik

http://www.idafazz.com/pengertian-sistem.php

http://www.niamz.com/2012/07/pengertian-dan-definisi-sistem.html

http://febriani.staff.gunadarma.ac.id/

http://library.binus.ac.id/

http://ebookbrowse.com/definisisistem-informasi-dan-si

http://kuliah-informatika.blogspot.com

Maryono & Istiana Patmi. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yudhistira. http://books.google.co.id/

Sukardi & Sutarni, Sri. 2008. Bahasa Indonesia 3  SMA kelas  XII. Quadra. http://books.google.co.id/

Marimin, Tanjung & Prabowo. 2006. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor : Grasindo.

Sarosa, Samiaji. Sistem Informasi Akutansi. Grasindo

Kusrini & Koniyo, Andri. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi denganVisual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta : C.V. Andi Offset.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s