Manfaat Stimulasi Otak Tengah

Manfaat Stimulasi Otak Tengah

Akhir-akhir ini memang sedang gencarnya promosi mengaktifkan otak tengah oleh beberapa lembaga pelatihan. Konon pelatihan ini menguna-kan teknologi modern dalam mengaktifkan mid-brain (otak tengah) melalui kolaborasi kemanjuran musik, audio dan lain sebagainya.

dr. Arman Yurisaldi Saleh.MS.,SpS, penulis buku Mengungkap Rahasia Otak Tengah menyatakan dalam ilmu kedokteran syaraf modern, ada 7 bagian otak manusia yang vital dan berperan penting dalam kecerdasan yaitu:
1. Prefrontal (otak depan bawah)
2. Kemampuan bahasa dan logika (otak kiri)
3. Seni yang melibatkan perasaan (otak kanan)
4. Ide kreatif (otak kanan)
5. Emosi (limbik & Amigdala)
6. Konsolidasi memori (hipokampus)
7. Otak kecil (serebelum)

Kemudian berdasarkan ilmu Neuro-Anatomi, otak terdiri atas beberapa bagian, yaitu :
1. Otak depan atau forebrain (prosencepalon) terdiri atas bagian besar otak.
2. Otak tengah atau midbrain (mesencephalon), bagian ini relatif pendek dan menjadi penghu-bung antara otak depan dengan hindbrain.
3. Otak belakang atau hindbrain(rhomdencepalon).
Lalu, bagaimana kita dapat melihat aktivasi otak tengah tersebut?
1. Dalam dunia kedokteran syaraf, daya konsentrasi dapat diuji dengan metode-metode yang sudah baku. Bila aktivasi otak tengah bisa meningkatkan konsentrasi dengan cara-cara yang bisa diterima akal atau logika ilmu kedok-teran syaraf modern, seharusnya hal itu bisa dibuktikan dengan Positron Emmision Tomography (PET-Scan). Melalui alat ini, suatu daerah otak tertentu akan menunjukkan warna yang berbeda bila konsentrasi seorang meningkat.

2. Bila memang aktivasi otak tengah mampu meningkatkan kreatifitas maka pencetus ide perangsangan otak tengah harus mendefinisikan arti kreativitas dalam kaitan dengan kecerdasan otak bertolak dari penemuan para ahli sebelumnya.

3. Otak kiri adalah pusat berfikir logika matematika, tempat berfikir yang memerlukan penjelasan mendetail atau deskriptif. Sementara itu otak kanan merupakan pusat kegiatan berperasaan seni sekaligus pusat ide kreatif.
Bila otak kanan mengalami stroke maka bentuk menjadi tidak indah, dan jika otak kiri yang mengalami stroke maka detail bentuk menjadi kabur.

4. Penjelasan ilmiah tentang hubungan gelombang Alfa, beta, delta, dan teta dengan aktivasi otak tengah belum bisa dibuktikan karena gelombang-gelombang ini akan berubah dominasinya ketika keadaan tidur, buka, dan tutup mata. Namun jelas tidak ada penelitian ilmiah kedokteran syaraf yang membahas gelombang ini dikaitkan dengan istilah otak yangtengah yang menjadi aktif.

5. Kemampuan konsolidasi memori di buktikan dengan suatu tes memori dalam ilmu kedokteran syaraf modern. Alat pengukurnya pun sudah baku.

6. Penemuan terbaru menunjukkan peran otak kecil (Serebelum) yang sebenarnya mempengaruhi ketepatan dalam mengambil keputusan dan konsistensi terhadap suatu keputusan, juga kecepatan di dalam mempelajari suatu keterampilan tangan sehingga bisa melakukan aktivitas itu tanpa berfikir panjang. Sehingga bila seseorang mengalami gangguan dalam serebelum-nya maka akan ditemui apa yang disebut oleh dokter spesialis syaraf Amerika David Schmeman sebagai Dysmetria of thought alias mencla-mencle.

7. Otak tengah (midbrain) secara anatomi adalah bagian penghubung otak depan dengan otak belakang. Otak tengah adalah perlintasan arus elektrik dan zat-zat neurokimiawi dari batang otak menuju otak besar. Gangguan pada daerah ini bisa mengakibatkan terganggunya kesadaran. Fungsi-fungsi kecerdasan otak berpusat pada otak besar dan dibantu otak kecil (yang dikenal dengan nama saras kortiko serebelar).

8. Pemerintah Jerman pernah mendanai riset tentang hubungan antara musik dan kecerdasan. Tim peneliti ini terdiri dari sembilan orang pakar dari bidang neurosains, psikologi, pendidikan dan filsafat. Mereka dilibatkan untuk meninjau jurnal-jurnal penelitian tentang topik tersebut.

9. Dalam sebuah seminar di Balai Kartini 24 Januari 2009, “Building Your Child’s Brain Connection” terungkap bahwa kualitas otak, kecerdasan, kreativitas, dan perilaku anak bergantung pada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor intrenal meliputi faktor genetik. Sedangkan faktor eksternal meliputi nutrisi dan pola pengasuhan (kasih sayang & stimulasi bermain) dari orang-orang di sekitar anak, seperti: orangtua, guru, teman, dan tetangga.

10. Dr. Dwi Putro Widodo, Sp.A (k), M.Med menyebutkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan otak anak adalah nutrisi atau gizi yang diberikan, terlebih pada periode percepatan pertumbuhan otak. Ada banyak gizi yang diperlukan untuk perkembangan otak. Nutrisi-nutrisi tersebut lengkap tersedia dalam ASI. Gangliosida yang terdapat dalam ASI berperan penting untuk pembentukan memori dan fungsi umum otak besar, pertumbuhan dan pembentukan sel syaraf serta sebagai modulator, yang melakukan transmisi dan informasi serta menyimpan data. Makin banyak sel syaraf yang terbentuk makin besar kapasitas memori yang disediakan dalam otak anak.

Meningkatkan Kemampuan Mengasihi Orang Lain
Otak tengah yang telah teraktivasi dapat membuat keseimbangan hormon dalam tubuh seseorang menjadi lebih baik. Salah satu fungsi otak tengah adalah mengatur hormon, di mana area yang mendapat pengaruh cukup besar adalah emosi. Seseorang yang otak tengahmya telah diaktifkan mempunyai keseimbangan emosi yang sangat baik dan mampu mengontrol emosinya dengan lebih baik.

Manfaat Aktivasi Otak Tengah

Meningkatkan Daya Ingat
Meningkatnya daya ingat dapat membuat seseorang mampu belajar banyak dalam tempo yang lebih singkat. Jika dia belajar dengan waktu yang sama dengan orang lain, dia akan mendapat lebih banyak. Peningkatan daya ingat ini berhubungan langsung dengan semakin meluasnya jaringan pada sel otak seseorang.

Meningkatkan Kemampuan Inovasi dan Kreativitas
Inovatif adalah mampu menemukan dan menciptakan hal-hal baru. Kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk/sesuatu yang baru dan juga dapat dipergunakan untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang baru.

Meningkatkan Konsentrasi
Meningkatnya konsentrasi dapat meningkatkan daya tangkap seseorang. Setelah otak tengahnya teraktivasi, seseorang bisa menangkap hal-hal yang rumit dengan lebih baik dan lebih mudah mengerti atau memahami sesuatu.
Meningkatkan Kemampuan Fisik dalam Berolahraga
Otak tengah adalah bagian otak yang mengatur gerakan tubuh. Banyak anak merasakan peningkatan dalam pengontrolan gerakan tubuh setelah otak tengah mereka diaktivasi, terutama ketika berolahraga yang membutuhkan ketelitian tinggi..

Meningkatkan Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri
Keuntungan yang paling terasa pada anak-anak yang telah diaktivasi otak tengahnya adalah otak kanan dan otak kiri yang semakin seimbang. Keseimbangan ini akan membuat anak tersebut lebih mudah berhubungan dengan orang lain.

Meningkatkan Keseimbangan Hormon
Banyak sekali bagian dari tubuh kita yang diatur oleh hormon. Setiap hormon mempunyai fungsi yang berbeda. Otak tengah yang telah aktif membuat hormon-hormon ini menjadi seimbangdan berfungsi dengan harmonis dan hal ini membuat seseorang bisa menjadi lebih sehat dengan otak tengah yang aktif.

Meningakatkan Daya Intuisi
Intuisi adalah kemampuan untuk mendapatkan pengetahuan tanpa masukan atau tanpa menggunakan alasan apapun. Jika kita mendapatkan intuisi kita tidak tahu dari mana asalnya. Otak kanan seringkali dianggap sebagai bagian otak yang bertanggung jawab atas intuisi yang muncul di kepala kita. Otak tengah dapat menggabungkan kemampuan logis otak kiri dan kemampuan intuisi otak kanan menjadi suatu intuisi yang sangat tepat. Seorang anak yang telah diaktifkan otak tengahnya akan mempunyai kemampuan intuisi yang lebih baik. Dengan latihan yang cukup lama dan intensitas yang cukup, ia dapat memprediksi.

Sumber:
http://gmc-aktivasiotaktengah.com/manfaat-aktivasi-otak-tengah
http://www.hariansumutpos.com/2009/12/20911/genius-dengan-aktivasi-otak-tengah.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s