Meningkatkan Kualitas Hidup dengan 12 Kebiasaan Sehat

Meningkatkan Kualitas Hidup dengan 12 Kebiasaan Sehat

Siapapun manusia di muka bumi ini pastinya selalu mendambakan hidup sehat dan berkualitas. Sehat itu mahal, maka peliharalah kesehatan kita sejak dini dengan baik. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas hidup??Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memenuhi hidup sehat , namun tak banyak yang kita tahu kebiasaan seperti apa yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Untuk itu,berikut adalah 12 kebiasaan sehat yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

1.Biasakan Sarapan Pagi
Penelitian menunjukkan bahawa orang yang sarapan pagi cenderung makan nvitamin dan mineral lebih banyak dan sedikit lemak serta kolesterol menghasilkan tubuh menjadi lebih langsing, kolesterol ebih rendah, dan kemungkinan untuk (overeating) makan banyak berkurang.

2.Tambahkan ikan dan Asam Lemak Omega-3 dalam Diet
American Heart Asociation (AHA) merekomendasikan sajian ikan dua kali dalam seminggu. Selain merupakan sumber protein, ikan memiliki asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Asam Lemak omega-3 juga “melembutkan “ sistem kekebalan tubuh yang over aktif seperti alergi, asma, eksim serta kelainan autoimun.

3.Tidur Cukup
Tubuh butuh istirahat. Buatlah pola tidur yang baik agar tubuh mendapati maanfaat dari istirahat tidur. Karena kekurangan tidur dapat berpengaruh buruk terhadap daya ingat, kemampuan belajar, dan berpikir logis.

4.Jaringan Sosial
Buatlah jaringan sosial dengan bergabung dalam komunitas yang positif. Ikatan sosial akan memberikan kita banyak manfaat, seperti menjadi instrument penolong, pemberi dukungan emosi.

5.Olahraga
Orang yang beralasan tidak mempunyai waktu untuk brolahraga adalah orang-orang yang tidak menyadari bahwa olahraga justru membantu mereka berpikir dan bergerak lebih baik, meningkatkan energI, mood dan mengatasi stress.

6.Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Gigi dan mulut merupakan bagian tubuh yang harus dijaga kebersihannya. Karena kedua bagian tubuh ini memiliki peran penting bagi kita dalam kehidupan sosial.

7.Menikmati Hobi
Hobi merupakan aktivitas yang paling menenangkan dan menyenangkan hati penikmatnya.
Berbagai macam kesenangan yang dimiliki masing-masing pribadi dapat membantu mereka hidup lebih sehat.

8.Lindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet
Matahari memiliki sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, kering dan membentuk noda hitam. Beberapa tips untuk mengurangi risiko kerusakan kulit antara lain :
• Gunakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih ketika beraktifitas di bawah terik matahari
• Gunakan topi dan gunakan pakaian pelindung yang lain
• Jangan mandi matahari (sunbathing)
• Usahakan hindari matahari antara jam 10 hingga jam 3 sore

9.Mengudap dengan cara yang sehat
Makanlah kurang lebih lima porsi buah dan sayuran setiap hari sebagai bagian dari diet yang sehat. Salah satu cara untuk memasukkan buah dan sayuran dalam diet itu adalah menjadikannya kudapan. Waktu yang baik untuk mengudap sebaiknya ketika merasa lapar di antara jam makan.

10.Minum Air dan Makan Produk Olahan Susu
Tubuh memerlukan air untuk menjaganya agar terhindar dari dehidrasi. Kalsium dalam produk susu juga penting bagi tulang dan gigi. Penelitian menunjukkan bahwa kalsium dapat mencegah tekanan darah tinggi, batu ginjal, penyakit jantung dan kanker kolon.

11.Minum Teh
Ditemukan beberapa bukti yang menyatakan bahwa teh dapat membantu memperbaiki ingatan, gigi berlubang, kanker serta penyakit jantung.

12.Jalan harian
Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan 30 menit tiap harinya memiliki peluang mengalami kematian dini lebih kecil dibandingkan denagn mereka yang jarang berolahraga.

Referensi sumber : Majalah Remaja PESONA MUDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s