Yang Lezat Bagi Penderita Stroke

Stroke atau gangguan peredaran darah di otak dapat mengakibatkan kematian atau cacat seumur hidup. Stroke merupakan penyebab cacat nomer satu pada kelompok usia di atas 40 tahun.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perkembangan stroke :
1. Bertambahnya usia
Para usia lanjut perlu memperhatikan dan mengupayakan diri agar terhindar dari stroke,yaitu dengan makan seimbang, menghindari stress, berolahraga ringan dan banyak rilek. Usia ini merupakan risiko kemungkinan tidak berfungsinya salah satu organ tubuh.
2. Hipertensi
Bila ada gejala hipertensi upayakan untuk menurunkan sampai batas normal. Jika tidak, sangat beresiko untuk terkena stroke.
3. Merokok
Pada usia di atas 40 tahun agar tetap sehat, berhentilah merokok. Sebab merokok merupakan salah satu faktor resiko terkena stroke.
4. Adanya penyakit diabetes
Gula darah yang tinggi akan mengundang komplikasi penyakit lain yang salah satunya adalah stroke.
5. Adanya kolesterol darah tinggi
Kolesterol darah tinggi juga bisa mengarah pada penyumbatan pembuluh darah, antara lain pembuluh darah di otak, yang bisa menyebabkan stroke.
6. Kegemukan
Kurang olahraga dan stress dapat menimbulkan penyakit stroke.

Sebagian besar faktor risiko stroke berkaitan dengan susunan makanan sehari-hari. Meskipun bukan jaminan bagi seseorang untuk terhindar dari stroke, namun peran gizi akan membrikan sumbangan bagi pencegahan dan pengobatan.

Cara mengatur menu :
1. Batasi penggunaan lemak
Pilih daging yang tidak berlemak atau buang lemak sebelum diolah. Batasi mengolah dengan lemak (minyak margarine, mentega, dll) dengan cara dikukus, ditumis, direbus, dipanggang. Perbanyaklah mengkonsumsi ikan.
2. Batasi penggunaan garam
Setelah terjadinya stroke, jangan lebih dari dua gram sehari. Hindari bahan makanan yang mengandung natrium tinggi.
3. Sumber hidrat alam
Sumber hidrat alam perlu dibatasi, seperti gula dan hasilnya, hindari makanan manis.
4. Banyak makan sayuran dan buah.
Kedua jenis bahan ini banyak mengandung serat tinggi dan berkalori rendah,
Serta banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik dimanfaatkan.

Sumber : Soenardi,Tuti.2000.30 Menu Pencegah Gangguan Kesehatan.Buana Printing:Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s