Menaklukkan Rasa Takut Gagal

Menaklukkan Rasa Takut Gagal

Apakah anda langsung bisa berjalan saat pertama kali mencoba?
Apakah anda langsung bisa mengucapkan kalimat sempurna saat pertama kali belajar bicara?
Apakah anda bernyanyi dalam harmonisasi yang indah saat pertama kali mencoba?
Apakah anda berhasil mempertahankan keseimbangan saat pertama kali naik sepeda?
Bisakah anda berenang menyebrangi lintasan kolam renang saat pertama kali belajar?

Anak-anak belajar dengan cepat karena mereka tidak takut gagal. Bayangkan betapa anehnya jika seorang anak kecil yang jatuh saat pertama kali berjalan berkata, “saya menyerah . saya tidak mampu berjalan.
Tekanan untuk berhasil pada usaha pertama menghalangi kemampuan belajar. Jika anda menempatkan diri di bawah tekanan untuk sempurna, cobalah untuk santai dan hentikan ambisi menjadi ahli dalam bidang yang baru anda pelajari.
Orang – orang sukses yang berhasil mengatasi kegagalan.

Sir Edmund Hillary
Sir Edmund Hillary gagal pada usaha pertamanya mendaki Gunung Everest, tetapi ia tidak menyerah. Setelah kegagalan tersebut, ia berujar .”Gunung Everest, kamu telah mengalahkan saya kali ini. Tetapi saya akan terus kembali dan menang karena kamu tidak akan bertambah tinggi, sementara saya masih terus berkembang.” Pada tanggal 25 Mei 1953, bersama Tenzing Norgai, ia berhasil menginjakkan kaki di titik tertinggi di Bumi dan menjadi pendaki pertama yang berhasil menaklukkan Gunung Everest.

Joan Jett
Pada tahun 1980, Joan Jett mengirim demo kaset ke semua perusahaan rekaman kecil dan besar. Walaupun menerima tumpukan surat penolakan, ia percaya pada diri dan lagunya sepenuhnya, sampai akhirnya ada perusahaan rekaman yang memercayainya. Lagu klasik 80-an Joan Jett and the Blackhearts ‘I Love Rock ‘n’ Roll’ sekarang diperkirakan bernilai sekitar $20 juta.

Sir Winston Churchill
Churchill gagal dalam dua tes awalnya untuk masuk sekolah tentara. Ia mengakui les untuk tes masuk dan lulus dengan nilai pas-pasan pada usaha ketiganya. Ayahnya tidak terkesan pada usaha nilai rata-ratanya dan menulis surat ejekan yang meramalkan bahwa masa depan Churchill suram. Namun, Winston Churchulli akhirnya menjadi Perdana Menteri Inggris. Bukti tekad kuat yang lain adalah keberhasilannya mengatasi kelemahannya dalam berpidato dan menjadi salah satu orator terhebat dalam sejarah dunia.

Rudyard Kipling
Ketika masih muda, Kipling dipecat dari pekerjaannya sebagai reporter sebuah surat kabar San Fransisco. Editornya mengatakan, “Kamu tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Ini bukan taman bermain untuk penulis amatir.” Kipling membuktikan editornya salah. Ia menulis lebih dari 300 cerita pendek dan beberapa novel, termasuk cerita klasik anak-anak, “The Jungle Book” dan “Just So Stories”.

Colonel Sanders
Pada tahun 1939, Harland D. Sanders menyempurnakan resep rahasia campuran 11 rempah untuk ayam goreng ‘Shouthern Fried Chicken’. Penduduk setempat menyukai masakannya, namun saat usahanya maulai naik, pemerintah membangun jalan tol yang melewati restorannya. Sanders pun memuat mobilnya dengan penggorengan dan pergi mengunjungi ratusan restoran untuk mencari restoran yang mau membeli resep istimewanya.
Ia mendapat ratusan penolakan, tetapi ia menganggap setiap kata ‘Tidak’ mendekatinya dengan satu restoran yang akan mengatakan ‘Ya’. Sanders, yang kemudian dikenal sebagai Colonel ditolak 1009 kali sebelum akhirnya menemukan orang yang mau memasukkan resep ayam gorengnya di menu restoran mereka.

Sumber : Perry,Martin.2005.Confidence Boosters Pendongkrak Kepercayaan Diri.Esensi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s