Mengenal Vegetarian

Vegetarian adalah sebutan bagi pengkonsumsi makanan dari tumbuh – tumbuhan yang meliputi sayur – sayuran, biji – bjian, kacang – kacangan, dan buah – buahan. Kebiasaan makan makanan yang berasal dari tumbuahan bukan merupakan jaran agama tertentusaja, namun lebih disebabkan adanya keyakinan bahwa makanan vegetarian adalah makanan yang terbaik bagi kesehatan.
Jenis Vegetarian

1. Lacto –ovo Vegetarian
Pola ini sangat popular. Susunan menunya terdiri dari bahan makanan yang berasal dari tumbuhan ditambah susu dan telur. Dalam menyusun resep – resep menunya masih lebih leluasa dibanding jenis vegetarian lain. Jenis inilah yang banyak diikuti oleh peminat vegetarian.

2. Lacto Vegetarian
Pola makanannya terdiri dari menu yang terdiri dari tumbuh –tumbuhan ditambah dengan susu dan hasilnya, seperti keju dll. Susunan menunya masih banyak variasinya dibanding vegetarian murni. Risiko kekurangan zat gizi tertentu masih rendah.

3. Pure Vegetarian
Atau vegetarian murni. Makanannya hanya dari tumbuh – tumbuhan saja. Pengaturan makanan vegetarian murni perlu mendapat perhatian , karena kalau tidak dapat mengakibatkan zat gizi. Misalnya protein yang berkualitas tinggi, vitamin B12, riboflavin, kalsium, dan zat besi yang umumnya terdapat makanan hewani.

Protein tumbuh – tumbuhan mempunyai nilai biologi lebih rendah dibanding protein hewani yang mempunyai asam amino lengkap. Kekurangan bisa dilengkapi dengan mengkombinasi bahan makanan lainnya.
Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan yang rusak. Protein yang baik mempunyai susunan asam amino lengkap. Untuk mencapai susunan tersebut menu vegetarian perlu kombinasi biji – bijian, kacang – kacangan, sayuran dan buah – buahan.

Susunan Menu Vegetarian yang Baik terdari dari :
1. Biji – bijian : beras, ketan, gandum, jagung, cantel dan lain-lain.
2. Kacang – kacangan : kacang tanah, kacang kapri, kacang kedelai, kacang tolo, kacang merah, dan hasilnya seperti tahu, tempe, oncom.
3. Golongan sayuran : kentang, sayuran hijau, dan berwarna lainnya, dan jenis sayuran lainnya.
4. Buah – buahan : semua jenis buah

Pada lacto-ovo vegetarian dan lacto vegetarian menunya cukup memperoleh vitamin B12. Sedangkan pada vegetarian murni umumnya mengalami kekurangan vitamin B12. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi tempe yang mengandung vitamin B12 tinggi, sebagai hasil fermentasi cendawan Rizopus Olighosporus terhadap kedelai. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 dianjurkan mengkonsumsi vitamin B12 dianjurkan mengkonsomsi tempe 200 – 300 gram sehari.

Sumber : Soenardi,Tuti.2000.30 Menu Pencegah Gangguan Kesehatan.Buana Printing:Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s